Kamis, 13 Januari 2011

Kecanduan Internet

0 komentar

Teman blogger saya sudah ada yang terjangkit Discomgoogolation
Pernahkah Anda mengalami hal ini: koneksi internet yang Anda andalkan terputus, koneksi cadangan juga tidak bisa terhubung sementara Anda tidak bisa mendapatkan warnet secepatnya? Ketika itu Anda merasa amat sangat tertekan, otak terasa buntu, tekanan darah naik, keringat dingin mengucur dan nafas tersengal-sengal? Apakah Anda pernah mengalaminya?
Jika Anda pernah merasa amat sangat tertekan karena putusnya koneksi internet sama dengan ketika Anda terlambat untuk mengikuti meeting yang sangat penting, itu artinya Anda telah menderita kecanduan internet.
Para psikolog telah menamai tingkat stres yang tinggi disebabkan karena ketergantungan pada internet sebagai ‘discomgoogolation‘.
Syahdan, para peneliti di Inggris melakukan survey terhadap 2,100 kepala. Hasilnya ternyata cukup mencengangkan!
Di negerinya Pangeran Charles, sekitar 76 persen orang mengakui bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa sambungan internet karena dari hari ke hari mereka menghabiskan banyak waktu untuk kirim email, bermain games online dan melihat gambar porno. Sebanyak 87 persen orang Inggris mengatakan bahwa mereka kini menggantungkan diri pada internet sebagai sumber informasi utama. Sementara itu 1 diantara lima orang bahkan menghabiskan lebih banyak waktu di internet daripada bercengkerama bersama keluarga. Oh my God!
Lebih dari setengah orang Inggris (53 persen) nge-net lebih dari empat jam sehari dan nyaris setengahnya (44 persen) mengatakan mereka merasa frustrasi dan bingung jika sambungan terputus.
Angka-angka dari tanah Inggris itu pasti tidak sama dengan angka di Jakarta, apalagi di Indonesia. Tapi, saya yakin ada diantara blogger teman saya yang sudah menderita ‘discomgoogolation’. Apakah itu Anda?

 ================




Jakarta - Sebagian orang mungkin mengira China menjadi negara paling kecanduan internet mengingat populasi netternya terbesar di dunia dan ada banyak tempat rehabilitasi pecandu game dan internet di sana. Namun ternyata sebuah hasil survei menyebutkan, negara yang paling kecanduan internet adalah Kanada.

Hasil studi dari firma riset comScore mengungkapkan, dibandingkan negara lain warga Kanada lebih sering menghabiskan waktu mengunjungi web dan jejaring sosial termasuk di antaranya tentu saja Facebook, Twitter dan YouTube.

Laporan comScore juga menyebutkan Kanada memiliki penetrasi akses internet tertinggi dengan sekitar 68 persen warganya rutin berselancar di dunia maya. Setelah Kanada, ada Prancis dan Inggris dengan persentase 62 persen, disusul kemudian Jerman 60 persen dan Amerika 59 persen.

Dilansir Reuters dan disitat detikINET, Jumat (31/12/2010), warga Kanada yang kecanduan mengakses web rata-rata menghabiskan waktu selama 42 jam per bulan berselancar di internet. Angka ini naik dari 40 jam di tahun sebelumnya.

Mereka juga rata-rata menonton sekitar 147 video di YouTube setiap bulannya dan mengunjungi situs berbagi video lainnya. Nah, jika berbicara soal jejaring sosial, sekitar 17 juta warga Kanada atau sekitar 51 persen dari populasi penduduknya memiliki akun Facebook.

Leave a Reply